Disable Preloader

TENTANG KITA

CIKAL BAKAL NalarOnLine

team1.jpg

-
CIKAL BAKAL NALAR ONLINE
 
Perjalanan terbentuknya Nalar Online bukanlah perjalanan yang dikatakan cepat dan mudah, tetapi cukup panjang dan berliku, penuh tantangan, ujian, dan inovasi baru. Perjalanan tersebut dimulai pada tahun 2007, dengan mendirikan bimbingan belajar NALAR, khusus melayani kebutuhan ujian Cambridge Curriculum, yang berlangsung sampai dengan tahun 2008. Nalar menumpang lokasi di gedung INIXINDO yang hanya berjalan selama 3 bulan, tetapi mampu membimbing sekitar 9 siswa dan berhasil mendapatkan sertifikat Cambridge dengan skor baik dan memuaskan sehingga dapat dimanfaatkan oleh mereka untuk masuk ke berbagai universitas di luar negeri, yakni Singapore, Australia, dan lainnya. Hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa dan merupakan keberhasilan Nalar walaupun hanya beroperasi selama 3 bulan, serta membuktikan bahwa tutor-tutor Nalar adalah tutor terbaik dan berkualitas. Nalar kemudian berubah nama menjadi SEA pada tahun 2009 sampai dengan 2010, sebagai pengganti bimbel Nalar sebelumnya. Murid pertama kursus SEA yaitu Cindy Gamal yang berhasil mendapakan 2 skor A plus dan 1 A, akan tetapi sama seperti kursus sebelumnya, SEA pun hanya bertahan 2 tahun dikarenakan adanya masalah status penyewaan gedung tempat pembelajaran SEA berlangsung.

Perjuangan untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia tidak selesai sampai dengan SEA berakhir, di tahun yang sama yakni pada 2010 SEA berganti nama menjadi ALevel. Lembaga ini sendiri akhirnya didirikan dan dijalankan dengan bermitra bersama salah seorang pemilik gedung yang sama (Gedung Assuryaniyah), saat mendirikan SEA. Keberadaan ALevel berlangsung selama 3 sampai 4 tahun, dimana murid-murid yang belajar di ALevel ini merupakan mayoritas siswa/i dari SMAN 8 dan SMANU MHT Jakarta. ALevel mampu menunjukkan taringnya melalui pembuktian riel murid-murid bimbingannya yang masuk ke dalam universitas-universitas favorit dan bergengsi di Indonesia, yakni ITB, UI, serta 2 Universitas di Belanda dan Hongkong. Sayangnya, ALevel harus berhenti beroperasi saat kelas Internasional di sekolah-sekolah negeri ditiadakan.

Beberapa waktu setelah berhentinya ALevel, yakni pada tahun 2018 berdirilah Training HUTS yang bergerak dalam bidang pelatihan professional skill dan robotika bagi anak-anak, melalui supervisi ahli robot Indonesia bertaraf Internasional, yaitu Dr. Riza Muhida.

Training HUTS bukan hanya satu-satunya pembelajaran yang dijalankan oleh para perintis NalarOnline, tetapi juga mereka menjalankan project Super Camp OF Timika Students (SCOTS), yang terdiri dari SCOTS 1 pada 2018 dan SCOTS 2 pada 2019. SCOTS sendiri merupakan program bimbingan belajar bagi anak-anak Timika-Papua yang didanai langsung oleh CSR PT Freeport Indonesia dengan tujuan agar anak-anak tersebut dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tujuan tersebut terbukti berhasil dimana siswa/i yang menjadi murid di SCOTS mampu menunjukkan kualitasnya yakni pada SCOTS 1 dari total 3 siswa, 2 siswa masuk ke PTN dan 1 siswa PTS, dimana salah satunya adalah ke ITB. Perkembangan SCOTS terlihat pada SCOTS 2 dimana seluruh siswanya masuk PTN, baik jalur SBMPTN ataupun Mandiri, atau dapat dikatakan 100% berhasil (5 dari 5 siswa pendaftar PTN, berhasil lolos masuk PTN pilihannya).

Berbekal record pencapaian pada SCOTS 1 dan 2, di tahun berikutnya yakni tepatnya bulan Juni 2020, maka berdirilah online course yang bernama NalarOnline yang berjalan sampai dengan sekarang. Pembentukan NalarOnline bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan menyelenggarakan pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi digital dan internet berbiaya terjangkau bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.
 
footer-logo.png

NalarOnLine Copyright© 2021. PT. Nalar Online Semesta All right reserved.