Penasaran Dengan DATA SCIENCE ?

Posted by NalarOnLine on 2021-05-02 20:25:49

Pengertian Dasar Data Science

Data science adalah suatu bidang studi yang mengkombinasikan kemampuan programming, matematika/statistika, juga pengetahuan umum untuk mendapatkan suatu insight (wawasan) dari data terstruktur maupun tidak terstruktur (Wikipedia). Tujuannya adalah untuk mengekstrak sebuah pengetahuan atau informasi dari data.

Saat ini, data science mulai menjelma menjadi suatu profesi baru di bidang teknologi yang banyak dicari oleh berbagai jenis perusahaan. Menariknya lagi, data science atau ilmu data ini tidak memerlukan latar belakang pendidikan tertentu untuk bisa mempelajarinya.

Seseorang yang memahami data science disebut data scientist. Seorang data scientist tidak harus memahami semua kemampuan yang dibutuhkan karena biasanya data scientist bekerja pada tim yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang berbeda-beda sehingga dapat saling melengkapi. Secara umum, keterampilan dasar terpenting untuk data scientist adalah kemampuan untuk membuat kode, setidaknya dua bahasa pemrograman yang popular saat ini untuk menangani data science, yaitu Python dan R. Keterampilan umum lain yang diperlukan oleh seorang data scientist adalah keterampilan organisasi yang baik, komunikasi yang jelas, dan kemampuan untuk menguasai konsep dan teknik baru dengan cepat.

 

Menurut riset yang dilakukan oleh situs Linkedin, ilmu data atau data science adalah salah profesi paling hot yang banyak dibutuhkan oleh dunia industri akhir-akhir ini. Menariknya lagi, pekerjaan ini menjanjikan penghasilan yang cukup besar. Hal ini tentu bisa menjadi alasan untuk kita terjun ke dalam bidang yang satu ini. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang bisa membuat kamu semakin tertarik dengan data science ini.

 

Gaji Data Scientist

Rata-rata gaji Data Scientist di Indonesia adalah Rp. 120,000,000 per tahun atau Rp. 61,538 per jam. Gaji awal posisi tersebut dimulai di kisaran Rp. 52,500,000 per tahun sementara bagi karyawan berpengalaman, gaji berada di kisaran Rp. 204,000,000 per tahun.

 

NalarOnLine News |